Cari di Blog Ini

Memuat...

Kamis, 17 Maret 2011

Hamster ku kelaminnya apa iah.?

bagi tementemen yang masih bingung soal kelamin nie ane terangin lagi soal  kelamin hamster.!
bagi hamster cowok.!

1. jarak antara kelamin dan anus agak berjauhan
2. terdapat telur di sekitar ekornya
3. khusus hamster dwarf ada male scent indence nya di tengah2 perut.! ini kayak titik hitam tidak berbulu.

bagi hamster cewek.!

1. jarak antara kelamin berdekatan, jika di lihat lebih dekat terdapat di satu tempat dengan anus.
2. tentu kaga ada telurnya donk.! masak cewek ada telurnya, kan kagak lucu
3. tidak ada male scent nya.!


untuk lebih jelasnya nie gambarnya























Ayo mandiin hamster

mari kita mandiin hamster  Udah ada yang tau caranya  Memandikan Hamster tidak sama dengan manusia.. pakai air, sabun, handuk, dan lain lain
dan ternyata semua itu SALAH BESAR.

lha terus bagaimana dong om mandiin hamster kalau tidak pakai air.?
Coba sekarang ambil tempat yang bersih (kandang baru atau pakai conteiner box atau apalah terserah. kemudian kamu isi dengan pasir zeolit hamster setelah itu hamster2 kamu yang lusuh bulu2nya / kotor kamu masukin deh ke kandang itu birain aja selama satu jam sambi lkamu liat/ awasin tar pasti dia mandi sendiri dengan bergulung2 di pasir itu.!
kalau mau agak wangi, pasirnya di kasih bedak atuh.!


setelah satu jam kamu akan melihat perubahan pada warnanya / bulunya maksudku pasti lebih bersih dan bersinar.

Udah ya sobat segitu dulu nfonya kalo masih ada yg kurang jelas tulis komentar deh pasti aku jawab...eh iya berhubung sekarang musim hujan bagi kamu yang kena flu (pilek) jangan dekat2 hamster dulu ya bisa ketularan nanti hamsternya!

Rabu, 16 Maret 2011

Hamster berantem terus, kagak mau akur?

karena tidak ada tempat lagi terpaksa beberapa hamster jantan yg sebelumnya terpisah saya satukan, begitu disatukan mereka langsung berantem saling menggigit dan bergulat kyk bola hingga sulit dipisahkan.

akhirnya karen kesal aku ambil hamster satu persatu dan aku semprot pake kispray (buat pengharum baju) sampai basah kuyup , ternyata kutu-kutu ditubuh hamsterpun ikut keluar terpengaruh bau kispray, lalu ku ambil satu persatu dan kubuang....
setelah itu mereka aku jemur kurang lebih 1 jam degan cuaca yangg tidak terlalu panas sampai bulunya kering, selama dijemur mereka tidak ribut berkelahi tapi sibuk menjilati dan membersihkan bulu mereka.

ternyata setelah aku masukan mereka dalam satu kandang mereka damai tidak berkelahi lagi mungkin karena bau mereka sama.

kenapa sekejam ini disemprot pake kispray dan dijemur, karena pengalaman saya memberikan bedak atau mengoleskan minyak wangi tdk berpengaruh lama, mereka  akan ribut kembali dan berkelahi

mungkin ada yang berbeda dalam cara menyatukan hamster yg baru dalam satu tempat, tapi ini adalah cara terbaik menurut saya, walaupun saya sempat takut mereka akan mati karena menjilati tubuhnya yg telah kusemprot kispray, ternyata tidak terjadi apa-apa dan masih hidup.

sebelumnya kandang, tempat makanan dan minuman dicuci bersih menggunakan sabun lalu dijemur dan bedding serbuk kayu dan pasir zeolit harus di ganti yang baru, jangan pakai yang bekas

tips ini telah kupakai berkali-kali dalam menjinakan hamster, terserah kalian akan mencoba cara ini atau tidak....tapi menurutku ini adalah cara terbaik !!!!

satu lagi jika di rumah ada hairdryer mending pakai hairdryer buat ngeringin hamster nya.!


                                                                  di sadur dari catatan sopir angkot yang belum di ketahui namanya.!

Merawat Bayi Hamster yang di Tinggal induknya Mati

pernah hamster campbell ku melahirkan 4 ekor anak, setelah seminggu disusuin induknya meninggal, mungkin karena usianya yang sudah tua, wah..sedih dan kasihan ngelihat anaknya yg kelaparan karena pengen menyusu akhirnya aku coba disatukan dengan hamster lain yang sama yang sedang menyusui

pertama sih dia aneh mungkin perasaan punya anak 6 kok ada 4 lagi, ternyata insting induk hamster kuat, mungkin karena baunya yang beda si anak yang adopsian ada yg dimakannya, akhirnya aku pisahin dan tersisa 3 lagi


lalu aku coba searching google dan menemukan beberapa cerita yg hampir sama, aku coba memberikan bubur sachet nestle yang rasa kacang hijau dan beras merah, caranya adalah bubur tersebut diseduh dengan air dingin, jangan terlalu banyak cukup setengah sendok teh dan ternyata bayi2 hamster tersebut memakannya dengan lahapnya sampai habis, dan bubur itu aku berikan 3X sehari
selama hampir 2 minggu.


akhirnya sisa ke-3 hamster tersebut sekarang telah dewasa bahkan sudah beranak cucu, andaikan usia hamster waktu ditinggal induknya berusia 3-4 minggu tentu tdk akan serepot itu karena mereka sudah bisa makan sendiri.

                                                                     di sadur dari catatan sopir angkot yang masih belum di ketahui nama aslinya

membersihkan serbuk kayu dan pasir zeolit

serbuk kayu dan pasir zeolit memang murah, tapa kalau hamsternya banyak gimana? tentu dana yg dikeluarkan pun tidak sedikit untuk pembelian serbuk kayu dan pasir zeolit

sebenarnya serbuk kayu dan pasir zeolit bisa dipakai beberapa kali dengan cara sbb:

- Serbuk Kayu -

1. ayaklah/saring menggunakan saringan untuk menyaring serbuk kayu dan bekas kotoran hamster dan bekas makanannya, untuk penyaring bebas menggunakan apa saja yg penting lobang saringan tdk lebih besar dari serbuk kayu

2. setelah disaring dan mendapatkan sisa serbuk kayu yg cukup bersih,jemur kembali sambil ditaburkan bedak, agar tdk terlalu bau

3. setelah dijemur sampai kering, serbuk kayu siap digunakan

nb : sebaiknya serbuk kayu di panggang sama oven sebagai pengganti penjemuran saja jika ada.!

- Pasir Zeolit -

1. rendam pasir zeolit dalam air selama 1-2 jam, fungsinya untuk mengangkat segala kotoran dan bekas sisa makanan hamster, lalu buang air kotornya

2. cuci kembali beberapa kali sampai benar-benar bersih dan air buangan tidak berwarna kecoklatan dan bau

3. setelah dirasa bersih, rendam pasir menggunakan pengharum pakaian (molto) selama 30 menit - 1 jam

4. buang air dan pasir dijemur
sampai kering, agar cepat kering pasir dapat dikeringkan menggunakan open/microwave atw di sanggrai ( digoreng tp tanpa minyak )

5. setelah kering taburkan bedak pembasmi kutu agar wangi sekalian membasmi kutu hamster bila sihamster mengunakan pasir tersebut

                                                  di sadur dari catatan sopir angkot yang sampai saat ini masih belum di ketahui namanya

Kontroversi Hamster Hibrid

Hamster-hamster hibrid seperti Violet, Blue Argente, dan Golden
akhir-akhir ini menjadi perbincangan banyak pihak - terutama di
kalangan hobiis. Bagaimana tidak, hamster hibrida mampu
menarik minat banyak hobiis karena warnanya unik dan lebih lucu
dibandingkan hamster-hamster spesies. Walau begitu, keberadaan
hamster hibrida mengandung suatu resiko tersembunyi. Resiko
terbesar adalah rusaknya gen-gen asli dari hamster spesies.
Bagaimana mungkin hal itu dapat terjadi? Kesalahan persepsi di
masyarakat bahwa ketiga varian hamster hibrida dianggap
Hamster Winter White. Padahal Winter White hanya memiliki gen
warna putih, hitam, atau abu-abu. Gen warna kuning pada Blue
Argente dan Golden serta Cream pada Violet bukanlah berasal dari
Winter White, melainkan dari Champbel. Kesalahan persepsi ini
mengakibatkan banyak orang mencampurkan (=meletakkan
dalam satu kandang) hamster hibrida dengan hamster Winter
White. Akibatnya banyak hamster spesies yang sekarang tidak
murni lagi (tercampur baur seperti hamster hibrida).
Masalah lain, kita perlu memberi perhatian khusus pada Hibrid
Golden. Ada 2 macam Hibrid Golden, yakni Hibrid Golden Mata
Hitam/Golden Black Eye (GBE) dan Golden Mata Merah/Golden
Albino/Golden Red Eye (GRE). Kedua hibrid ini memiliki gen yang
tidak stabil. GBE dapat memiliki keturunan yang berwarna semakin
gelap. Sepintas GBE "rusak" ini mirip Winter White Normal.
Padahal sama sekali bukan. Jika diamati, biasanya terdapat
semburat warna kuning pada punggungnya. Sedangkan GRE
dapat memiliki penurunan kualitas keturunan dengan menjadi
makin putih. Dalam istilah dagang di Indonesia, penurunan kualitas
GRE ini dikenal dengan nama "GRE lokal", "Pearl Mata Merah Garis
Kuning" serta "Pearl Garis Kuning".
Hamster Winter White yang dijual di Indonesia saat ini banyak
yang merupakan hasil penurunan kualitas dari Hibrid Golden.

Penyakit hamster

Hamster yang sehat memilik ciri sebagai berikut :
1. Mata mereka akan bersih, cerah, awas,
2. Memiliki bulu yang mengkilap, dan
3. Telinga yang tegak, meskipun hamster baru saja bangun dari tidurnya, sebentar saja
telinganya akan berdiri tegak dengan baik.

Sedangkan hamster yang sakit memiliki ciri sebagai berikut :
1. Diam saja di sarangnya meskipun ada beberapa kejadian menarik di luar.
2. Waktu dia keluar, matanya mungkin setengah tertutup dan telinganya tetap turun dan rata
dengan kepalanya.

Adapun macam-macam penyakit yang bisa menyerang hamster adalah sebagai berikut :
1. Abcesses
Abacesses adalah luka di bawah kulit yang berisi nanah. Mereka dapat membesar sangat cepat dan juga sebagai tanda infeksi terjadi.
Pertolongan : Periksakan ke dokter hewan segera. Antibiotik biasanya diberikan dan abcess mungkin ditusuk. Luka sering dibersihkan dan mungkin harus dibersihkan teratur sampai sembuh. Beberapa hamster mungkin perlu menjalani operasi untuk mengeluarkan absess.

2. Pendarahan
Kadang-kadang hamster mengeluarkan darah dari pantannya. Kemungkinan tanda ini adalah adanya infeksi rahim pada hamster Sirian betina. Darah sedikit pada pantat pada hamster dwarf rusia dapat juga menandakan bahwa hamster itu hamil.
Pertologan : Jika hamster syrian mulai berdarah dari pantatnya maka bawalah ke dokter. Jika ini infeksi rahim maka hamster perlu antibiotik untuk disembuhkan. Berdarah juga dapat berarti hamster sedang melahirkan. Jika hamster dwarf rusia berdarah parah maka ia juga perlu dibawa ke dokter.

3. Diabetes
Campbell dwarf rusia dapat terkena diabetes dari keturunan. Hamster akan kehilangan berat badan dan kelihatan kurus dan sakit. Hamster akan banyak minum air dan memiliki area toilet yang sangat basah. Pasien hamster biasanya mati sangat muda sekitar empat sampai enam bulan.
Pertolongan : Beberapa pemelihara hamster mencoba dengan makanan dengan bermacam-macam hasil. Insulin umunnya tidak ide yang bagus karena sangat sukar untuk mengetahui berapa banyak insulin yang harus diberikan ke hewan sekecil itu. Pada saat ini belum ada obatnya.

4. Kerontokan bulu
Kerontokan bulu biasanya terjadi pada hamster tua dan juga dapat disebabkan oleh beberapa sebab lainnya.
Pertolongan : Bawahlah ke dokter untuk mendapat dianogsa penyebabnya dan sesuatu untuk menolongnya.

5. Bercak Pinggul (Hip Spot)
Semua hamster memilikinya tetapi pada hamster tua yang bulunya menipis dapat terlihat jelas seperti bermasalah. Tanda bercak ini berada di kedua pinggul dan dapat terlihat seperti dua tahi lalat.
Pertolongan : Biarkan, jangan digangu atau diusik. Biasanya tidak bermasalah. Kamu dapat melukai mereka daripada baik dengan mencoba menghilangkan ini.

6. Luka
Selama lukanya tidak terlalu dalam atau kelihatan bersih maka luka itu dapat dibiarkan. Perhatikan saja sampai lukannya sembuh. Luka yang lebih dalam yang terlihat infeksi perlu nasihat dokter.
Pertolongan : Umumnya dengan antibiotik. Memandikan dengan air garam juga membantu untuk menjaga supaya bersih.

7. Benjolan atau tumor
Hamster yang muncul bengkak di daerah yang asing. Benjolan ini mungkin tetap atau berpindah tempat di kulit mereka. Hamster mungkin tidak suka kamu memegang benjolannya.
Pertolongan : Nasihat dokter diperlukan. Umumnya mereka dihilangkan melalui operasi pada ukurannya tepat atau selama mudah ditaruh untuk dioperasi. Beberapa dokter memperingatkan akan adanya kesulitan dalam pembiusan hamster. Dr Hamwell berkata bahwa meskipun ada resiko pada hewan kecil ini, hamster selalu memiliki teman yang baik dalam menjalani operasi dengan baik. Selalu memeriksakan benjolan sesegera mungkin karena mereka dapat bertambah besar cukup cepat.

8. Virus Papova
Penyakit ini merupakan penyakit hamster yang relatif baru yang diguleti oleh dokter saat ini. Tanda-tanda simptom termasuk rasa jendolan di belakang leher, benjolan-benjolan kecil di bawah kulit, benjolan benjolan seperti kutil di dagu atau bagian tubuh lainnya. Penyakit ini dipercaya ditularkan melalui air seni dan melalui memegang hamster yang sakit dan tidak mencuci tangan setelah itu.
Pertolongan : Tidak ada obat untuk papova untuk saat ini. Pemelihara hamster mencoba dengan menghilangkan benjolan melalui operasi tetapi tidak ada jaminan bahwa benjolan itu tidak muncul lagi. Penyakit ini diperkirakan genetika. Beberapa hamster mati karena penyakit ini dan hamster lainnya juga dapat sembuh dan benjolan juga hilang. Penyakit ini menular dan kamu harus memisahkan hamster yang terkena penyakit ini.

9. Ekor Basah (Wet Tail)
Penyakit hamster yang paling disebar-luaskan. Tanda-tanda symtom adalah hamster sangat lemah dan mencret.
Pertolongan : Perlu segera dibawa ke dokter. Sangat disayangkan penyakit ini sangat sukar disembuhkan dan hamster mungkin tidak tertolong.

                                                                                                      yang ini bukan dari catatan sopir angkot
wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

jenis-jenis hamster

1. Hamster campbell

Hamster campbell menurutku hamster yang murah, sangat cocok untuk di kembangbiakkan karena sangat mudah beranak dan sekali beranak maka akan menghasilkan 2-10 bahkan lebih bayi hamster.

spesifikasi hamster campbell :
-> umur normal 1-2 tahun
-> panjang kira-kira 10-15 cm umur dewasa
-> lama kehamilan kurang lebih 20 hari
-> lincah karena ukurannya kecil
-> masa sapih (pemisahan anak dari induknya) 3-4 minggu
-> macam campbell (albino, panda, black, argente, opal, blue)

2. Hamster roborovski

Hamster roborovski merupakan jenis hamster pelari dan sangat lincah, karena bentuknya yang lebih kecil dari pada campbell sehingga kerjaanya ya lari - lari saja. hamster ini sangat cocok jika mau di buat bisnis, karena harga mahal dan bentuk hamster yang lucu.

Spesifikasi hamster roborovski :


-> umur normal 3-4 tahun
-> panjang hamster 4-7 cm
-> lama kehamilan 23-30 hari
-> jumlah anak rata - rata 6 ekor
-> masa sapih 30 hari
-> macam roborovski (normal face dan white face)

3. Hamster syria

Hamster syria ini bentuknya besar, kayak tikus got, hamster jenis ini pemalas. kurang lincah, dan bentuknya yg panjang.

Spesifikasi hamster syria:

-> umur normal 2-2 ,5 tahun -> panjang 15-20 cm
-> lama kehamilan sekitar 20 hari
-> macam syria (short hair,long hair,rex,satin)

4. Hamster winter white

Hamster ini mudah untuk dijinakkan karena sifatnya yang tak suka menggigit dan tidak agresif seperti campbell. Fisiknya hampir sama dengan campbell, hanya lebih besar. Hamster ini cocok untuk pemula.

Spesifikasi hamster winter white :
-> umur 1-2 tahun
->  panjang 7 - 9 cm bila sudah dewasa.
->  macam2 hamster winter white (Normal, Saphire, dan Pearl, dan Imperial yang dikatakan sebagai mutasi alam dan bukan Hybrida)

5. Hamster Hybrid

adalah hamster yang lahir dari hasil silangan hamster campbell dan hamster winter white. gen dari hamster hybrid sangat tidak stabil, contoh hamster hybrid adalah :
- golden red eye, pearl red eye, pearl garis kuning, Blue argente, DLL

                                                                di sadur dari catatan sopir angkot yang belum di ketahui namanya.!

penyebab hamster menjadi galak dan suka mengigit

beberapa jenis hamster ada yg mengenali dan mengidentifikasi sesuatu hal dengan cara menjilat atau menggigit, contohnya jenis whiter white dan campbell, itu disebabkan karena penglihatan mereka yang sangat buruk
ada beberapa faktor yg menyebabkan hamster suka menggigit :

1. sedang hamil dan menyusui

hamster induk yang sedang hamil dan menyusui, tingkat ke agresifannya sangat tinggi, mudah terganggu dan stress selalu menjadikan hal yg mendatangi dirinya dianggap musuh krn untuk melindungi dirinya dan bayi-bayinya

2. trauma

trauma adalah penyebab terbesar knp hamster yg sdh jinak jadi suka menggigit, penyebab trauma adalah
- pernah jatuh dari tangan
- menyatukan dgn hamster yg lain, yg mengakibatkan perkelahiaan
- mengasarinya contoh disentil, dipukul dll

3. terganggu

hamster adalah makhluk nocturnal yg aktif pada sore hingga pagi hari, siangnya banyak dia pergunakan untuk tidur, merasa terganggu disini adalah di saat dia sedang tidur tiba-tiba anda membangunkanya secara mendadak yg akan membuatnya menjadi marah

4. suasana yang ribut

hamster sangat menyukai tempat dan suasana yg sepi, tdk ramai oleh suara seperti suara kendaraan atw binatang lainnya

5. kandang sempit dan terlalu banyak hamster dlm satu kandang

ini juga salah satu penyebab hamster menjadi galak dan suka menggigit karena penempatan kandang kecil dgn banyak hamster, berakibat siapa kuat dia akan bertahan dalam memperebutkan makanan
hingga sering mengakibatkan perkelahian dan ketika kt akan memegangnya di anggap musuh oleh hamster

6. salah asuh

hamster adalah binatang jinak dan penurut apalagi bila kita memeliharanya sedari kecil, tentunya dia akan mengenali kita sebagai pemiliknya, jika tdk ada tangan-tangan lain yg memegangnya, mengelus atau menjahilinya, yg akan membingungkan dia mengenali pemiliknya

7. keturunan gen

pernahkan anda mempunyai hamster liar, sangat sulit menjinakannya, baru dipegang sedikit aja langsung digigitnya tangan kita !!
hal ini tdk dapat diakali, krn sdh menjadikannya sifat

cara menjinakan hamster

Jinakin hamster ga mungkin bisa langsung jinak dalam 1 hari. Kadang bisa berapa minggu atau berapa
bulan biasanya sih 2 mingguan apalagi jenis campbell yg lebih agresif dibanding lainnya

1. Kalo belum jinak jangan langsung ngambil aja dari atas, karena
hamster di alam sering menjadi makanan binatang lain. Jadi kalo
tiba tiba ngambil dari atas dikirain predator.

2. Setelah Hamster sudah terbiasa di kandangnya,taruh tangan di
dalam kandang biar di cium cium, jadi biar di biasa dengan bau
tanganmu

3. cuci tangan dahulu, jangan pake sabun yang ada bau,
kalo bisa ga usah pake sabun pake air saja...habis itu keringin
tangan...gak boleh basah...harus cuci tangan karena takutnya ada
bau makanan entar dikirain makanan sama hamster abis itu digigit hamster

4. pertama pelan pelan biar dia cium, abis itu taroh biji
kuaci di tangan biar hamsternya makan dari tangan kamu.. (Jangan
Takut digigit) pertama kali biasanya hamster akan takut dan lari

5. besok coba lagi, kalo bisa sih 10 menitan setiap hari..jadi lama2 dia terbiasa sama kamu
Kalo dia udah terbiasa makan dari tanganmu, nanti bisa dielus2 lama-lama kalo dia udah biasa makan di tangan kamu

6. ambil hamster di tangan, pelan2!
misalnya hamster di tangan kiri, pindahkan ke tangan kanan abis itu tutup
sedikit aja (agak terkurung) sambil dielus pake jari jempol, sampai
nyaman dengan tangan mu

7. ulangi lah cara diatas sambil dielus, coba beri dia nama agar dia terbiasa mendengar suara mu, dan bila dipanggil akan mendekat

tips lainnya :

-Kalo hamster lagi tidur jangan di bangunin...biarkan saja menunggu dia
bangun

-Inget biar dia cium dulu biar dia tau itu kamu

-Jangan tiba tiba berisik dan membuat kaget takutnya entar dia takut dan sembunyi

-Kalo memegang hrs dekat lantai, menjaga-jaga bila tiba2 meloncat trs jatuh

Selasa, 15 Maret 2011

Makanan Hamster

1. makanan hamster normal 

membeli makanan hamster jangan yg bermerek Hamsfood soalnya itu buatan lokal, bukan impor, jadi harganya paling murah dibanding merek makanan hamster yg lain. dihamsfood itu ketan putihnya dikasih pewarna sehingga jadi warna-warni & menurutku itu ga bagus bwt hamster.

untuk makanan yg bermerek, mending yg merek impor kayak Vitakraft atau Marukan atau XtraVital aja, soalnya kandungan nutrisi di makanan merek tersebut lebih bagus daripada merek hamsfood.

selain pakai makanan pabrikan bermerek kamu bisa bikin makanan racikan sendiri buat hamster, biji2an yg bisa diracik buat makanan hamster adalah:

millet merah, millet putih, beras merah, ketan hitam, kacang hijau, kacang kedelai, kacang tanah, biji sawi, kenari seed (biji kenari), biji gandum, jawawut (pakan burung perkutut), jagung cacah, dan kuaci/biji bunga matahari.
biji2 an tersebut bisa kmu dapatkan di supermarket/pasar burung. 

klw ngeracik makanan hamster sendiri itu kita bisa tau makanan mana aja yg lebih disukai hamster. klo udah tau jenis makanan /biji2 an yg dia suka, kita bisa berikan porsi lebih untuk jenis biji2 an tersebut. selain itu lebih irit klo diliat dari soal harga.

tapi sebaiknya jangan terlalu sering ngasih kuaci sebagai makanan hamster soalnya kuaci adalah salah satu makanan yang mudah disukai oleh hamster tapi pemberian dalam jumlah besar dalam mengakibat beberapa hal diantaranya: obesitas

2. makanan hamster hamil & meyusui 

agar hamster yg hamil dan menyusui mendapat nutrisi yg memadai, berikan makanan yg lebih banyak dari biasanya. lebih baik berikan makanan merk Vitakraft. wlwpun harganya lebih mahal dr merek lain, tapi kandungan gizi dalam Vitakraft itu lebih baik drpd merek yg lain. 
tambahan lainnya dapat pula memberikan : 

- susu strawberry jelly
- putih telur rebus ( dipotong kecil-kecil )
- ulat sutra ( klw ada )
- daun katuk
- vitagel
- minyak ikan ( dicampurkan dgn makanan hamster & jgn terlalu banyak )

jenis kutu hamster dan pengobatannya

sebelumnya perlu kita tahu dulu jenis kutu hamster itu ada 2 jenis yaitu :

1. Hamster Skin Mites

Skin Mites ini termasuk parasit yang berbahaya bagi hamster. Kutu
ini berupa laba-laba kecil yang bersarang di kulit hamster sehingga
seakan tidak terlihat sama sekali. Jika kutu kulit ini menyerang salah
satu hamster, maka dengan cepat akan menular pada hamster
lainnya dalam kandang yang sama. Kutu kulit ini juga dapat
tertular dari binatang lainnya seperti anjing atau kucing. 

Gejala : 

bulu rontok pada hamster biasanya terjadi karena aksi menggaruk
yang berlebihan.

2. Hamster Ear Mites / 
Hamster Ear Mange 

Kutu ini hidup/berkembangbiak di sekitar telinga
hamster dan bisa menjangkit wilayah muka dan kaki hamster.
Hamster Ear Mites ini berkembangbiak dengan cepat pada area
yang terinfeksi dan hamster pun mulai merasa terganggu dengan
kehadiran kutu ini dan akan menggaruk secara membabi buta.
Kulit hamster menjadi rusak, hitam dan menjadi fatal jika terus
dibiarkan karena hamster bisa mati mendadak karena aksi
menggaruk yang brutal hingga tak sadar mencabik diri sendiri.

salah satu perkembang biakan kutu lewat telur yg
menyebar lewat darah jadi dimatiinnya jangan dipencet mendingan cabutin kutunya satu2 trus masukin ke
botol atw wadah yg berisi alkohol.

cara ngilangin kutunya bisa pake spray anti kutu khusus buat
mamalia kecil (hamster, rodent, guinea pig, marmut, kelinci, etc)
biasanya di jual dipetshopk cara pakenya cuma semprotin ke
punggung (jangan kena muka) trus keringin pake hair dryer
Obat kutunya namanya Flea & Thick keluaran 8 in 1 harganya
60-65 rb. Modelnya kaya spray tulisannya Health & Care for
Hamster, Rabbit, Garbil, Guinea Pig

atau cara yg mudah dan irit menggunakan bedak doris, harganya 15-20 rban, cara pengggunan nya cukup ditaburkan dipasir zeolit, atw bisa ditaburkan di badan hamster..

membasmi kutu hamster II

semua binatang berbulu pasti memiliki kutu seperti kucing, anjing dan hamster, kutu sangat mudah sekali meyebar dan berpindah bahkan bayi hamster baru berbulu pun sudah memiliki kutu dari induknya.
hamster yg berkutu biasanya akan menggaruk-garuk, menggigit bahkan yg berkutu parah akan mengakibatkan luka berdarah dan mengakibatkan kebotakan.

tentunya kita ingin memiliki binatang peliharaan yg sehat, aktif dan bersih, berbagi merek obat kutu banyak dijual dipetshop, ada yg spray atau yg bedak.

saya mencoba pengobatan alternatif lain yaitu menggunakan "peditox" obat pembasmi kutu untuk rambut manusia, harganya cukup murah sekitar 5000-7500 ukuran 50 ml, mendapatkannya pun cukup dekat yaitu di warung, mini market atau apotek, cara penggunaan nya sbb:

1. campurkan peditox di botol semprotan tanaman dgn air 150-200 ml ( 2 gelas air minum ) 
2. semprotkan ke hamster, usahakan jgn terkena mata hamster
3. anda akan melihat si kutu mencoba keluar dari bulu hamster, ambillah tp jgn dipijit cukup di buang saja
4. jemurlah hamster sampai bulunya kering atau bisa menggunakan hair dryer
5. setelah itu simpan hamster dikandangnya kembali dan jgn lupa bersihkan kandang, cuci semua mainan, tempat makan dan minum, lalu gantilah serbuk kayu dan pasir zeolit dgn yg baru

semua tips diatas saya ujicoba kan ke hamster campbell albino saya, dan berhasil
untuk pembelian peditok apabila tidak ada, anda bisa menggunakan merek lain yang mudah-mudahan khasiatnya seperti peditox yg sudah saya ujicoba, selamat moncoba.

apabila anda berhasil atau mencoba menggunakan merek lain dgn cara-cara saya tolong masuk dikomentar kita sharing dan berbagi, terima kasih

Penyebab bulu hamster rontok dan pengobatannya

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan bulu hamter rontok : 

1. Parasit/virus/kutu 
2. Alas kandang yg terlalu lembab 
3. Molting (proses ganti bulu)
4. Umur hamster yg mulai tua
5. Hamster sering dikasih makan jagung manis 
6. Suhu ruangan yg terlalu panas (bulu hamster tidak akan rontok asal suhu ruang terjaga sekitar 25 derajat Celcius) 
7. Hamster diabetes 

PENGOBATANNYA : 

1. Kalo karena virus diatasi dengan cara: 
- Memindahkan hamster ke tempat terpisah. 
- Cuci kandang dan ganti alas tidur dengan yg baru. 
- Tubuh hamster yg mengalami rontok bulu disemprot dgn antiseptik atau dikasih bedak.
- Klw dah terkena pnyakit kulit biasanya dikasih vitamin B komplek yg dilarutkan di air minum plus obat kulit oles ( dioles tipis aja), biasanya pake betason..scabicid,,,salep jamur (smua tergantung pnyakitnya disebabkan apa dulu..) 

2. Kalo karena alas kandang yg terlalu basah/lembab : 
- Sering ganti alasnya dan cuci kandangnya. 

3. Kalo karena molting : 
- Permukaan kulit tubuh yg bulunya rontok sebaiknya diolesi getah lidah buaya sehari sekali. 

4. Kalo karena umur hamster yg mulai tua : 
- Dikasih vitamin E atau minyak ikan (yg bentuknya bulat kecil2 ,banyak di apotik), caranya teteskan minyak ikan di kulit/biji makanan hamster. 

5. Kalo karena dikasih jagung manis terlalu banyak : 
- Jangan diberi / kurangi pemberian jagung manis karena selain bisa membuat bulu rontok juga bisa menyebabkan diabetes pada hamster jika dikasih terus-menerus. 

6. Kalo karena suhu yg terlalu panas: 
- Letakkan hamster di ruangan ber-AC atau dikasih kipas angin di ruangan tersebut 

7. Kalo karena diabetes : 
- Diabetes biasa terjadi pada hamster jenis Campbel dan sifatnya menurun. Gejalanya: hamster minum secara berlebihan, rontoknya bulu pada area perut dan tangan, pipis berlebihan, waktu tidur yang lebih lama, hamster melakukan olahraga secara berlebihan, hamster kekurangan/kelebihan berat badan secara drastis
- berikan makanan diet dgn sayuran segar

Jenis-jenis hamster campbell

- lillac red eye
putih keabu-abuan mata merah

- lillac
putih keabu-abuan mata hitam

- normal
coklat muda bergaris hitam dipunggung bermata hitam

- blue
biru gelap mata hitam

- blue fawn
coklat muda kebiru-biruan mata merah

- opal
coklat semburat biru dibagian bawh berwarna kekuningan bermata hitam

- dove mottled
berwarna putih diselimuti bercak abu-abu mata merah

- argente mottled
coklat kekuning-kuningan mata merah

- blue mottled
putih bercak biru mata hitam dan merah

- dove platinum
putih bergaris coklat keabu-abuan dipunggung dn bagian bawah perut

- black
berwarna hitam pekat

- albino
berwarna putih polos dengan mata merah

- panda /black motled
putih dengan bercak-bercak hitam

kenapa induk hamster memakan anaknya dan solusi pencegahannya

1. stress (baru menjadi ibu pertama kali/melahirkan di usia muda)

biasanya klo hamster baru pertama kali melahirkan atau melahirkan di usia muda cenderung untuk memakan anaknya karena dia belum siap untuk menjadi ibu n si hamster ga tau gimana cara merawat anaknya (dia lebih asik main wheel daripada ngerawat anaknya).

SOLUSI : jangan mengawinkan hamster di usia muda (umur 2 bulan). lebih baik dikawinkan setelah umur 4 bulan biar mereka siap mental untuk punya baby. 

2. stress karena diliatin 

akan meyebebkan induk hamster tidak merasa nyaman. setelah baby hamster lahir, biasanya si induk jadi sangat overprotective sama bayinya, jadi setiap ada yg membuat nya terganggu, dia bakalan gampang stress. klw udah stres gitu si induk bakalan makan anaknya sendiri. 

SOLUSI : setelah melahirkan, letakkan kandang hamster di tempat yg gelap dan sepi yg jarang dilewati orang trs klw perlu tutup kandangnya dengan kain gelap/karton hitam biar dia merasa nyaman karena hamster suka di tempat yg gelap sehingga gak ada yg mengganggu dia dan bayinya. 

3. kurang asupan gizi/protein.

setelah melahirkan, induk akan butuh nutrisi/gizi yg lebih untuk mengembalikan kondisi fisiknya yg terkuras setelah melahirkan. jadi jangan sampai makanan di tempat makannya habis. klw dia kekurangan makanan, dia akan berusaha nyari makanan apa aja di kandang. klo ga ada lagi, ujung2 nya dia bakalan makan anaknya sendiri. 

SOLUSI : berikan makanan yg lebih banyak dari biasanya. 

4. jangan mengganti serbuk tempat melahirkan dengan serbuk baru. 

klw serbuk bekas dia melahirkan di ganti, dia menyangka ada aroma lain di kandangnya n itu dianggap membahayakan dia, jadi dia bisa makan anaknya soalnya anaknya kena bau serbuk baru tadi. 

SOLUSI : jangan ganti serbu baru hingga bayi hamster berusia 3-4 minggu

5. digangggu hamster jantan

6. anaknya ada yg cacat

7. siinduk tidak mampu merawat bayi yg banyak

ciri-ciri hamster hamil dan melahirkan

Ciri-ciri Hamster Hamil : 

1. keluar sedikit darah dari alat kelamin 
2. puting susu terlihat jelas, semua hewan menyusui juga sama. 
3. bentuk tubuh seperti buah pir, dan perut gendut ke depan (berbeda dengan hamster gemuk yang gendutnya ke samping) 
4. lebih banyak makan dan minum 
5. lebih agresif dan galak. 
6. suka menggigit, dia suka menggigit pejantan kalau sedang hamil krn tidak suka dengan pejantan. 
7. kalau ditekan perutnya akan terasa benjolan, Pada umumnya masa hamil hamster itu 20-23 hari 

Tips Merawat hamster Yang Lagi Hamil :

1. Bila perut hamstermu udah tampak buncit diharuskan pejantannya dipisah. 
2. Bersihkan kandang yang akan ditempati sibetina kalau perlu dicuci supaya hamsternya merasa nyaman dan tenang, dan usahakan keluarkan mainannya sebab hamster yang lagi hamil tingkat keagresifannya sangat tinggi dan cara ini bisa mengurangi resiko keguguran bagi sibetina. 
Dan sediakan rumah untuk sarangnya, nantinya sihamster bakal melahirkan didalam rumahnya, jangan lupa juga untuk memasukkan sobekan kain-kain kecil sebagai alas didalam rumahnya, wlwpun hal itu tdk diperlukan krn siinduk biasanya membawa dan membuat sarang dari serbuk kayu 
3. Berikan makanan yang bergizi seperti kuaci (mentah), biji milet, kenari seed, biskuit, roti, telor rebus (putihnya saja 3 hr 1 x), wortel (separuh saja selama 1 mg), jagung muda(seminggu sekali), singkong rebus, apel (separuh 1 mg), dan toge diberikan secara berkala pagi dan sore secukupnya. 
4. Setelah hamsternya melahirkan jangan sering dilihat apalagi dipegang-pegang selama dua minggu hingga bayinya sudah tumbuh bulu, kalau nggak anaknya bisa dimakan. 

Ada beberapa faktor kenapa siIbu menjadi kanibal, biasanya itu dikarenakan bau manusia ditubuh siBayi, induknya stres karna suasana disekitarnya terlalu ramai oleh manusia, suara kendaraan atau binatang seperti kucing dan anjing