Cari di Blog Ini

Rabu, 16 Maret 2011

penyebab hamster menjadi galak dan suka mengigit

beberapa jenis hamster ada yg mengenali dan mengidentifikasi sesuatu hal dengan cara menjilat atau menggigit, contohnya jenis whiter white dan campbell, itu disebabkan karena penglihatan mereka yang sangat buruk
ada beberapa faktor yg menyebabkan hamster suka menggigit :

1. sedang hamil dan menyusui

hamster induk yang sedang hamil dan menyusui, tingkat ke agresifannya sangat tinggi, mudah terganggu dan stress selalu menjadikan hal yg mendatangi dirinya dianggap musuh krn untuk melindungi dirinya dan bayi-bayinya

2. trauma

trauma adalah penyebab terbesar knp hamster yg sdh jinak jadi suka menggigit, penyebab trauma adalah
- pernah jatuh dari tangan
- menyatukan dgn hamster yg lain, yg mengakibatkan perkelahiaan
- mengasarinya contoh disentil, dipukul dll

3. terganggu

hamster adalah makhluk nocturnal yg aktif pada sore hingga pagi hari, siangnya banyak dia pergunakan untuk tidur, merasa terganggu disini adalah di saat dia sedang tidur tiba-tiba anda membangunkanya secara mendadak yg akan membuatnya menjadi marah

4. suasana yang ribut

hamster sangat menyukai tempat dan suasana yg sepi, tdk ramai oleh suara seperti suara kendaraan atw binatang lainnya

5. kandang sempit dan terlalu banyak hamster dlm satu kandang

ini juga salah satu penyebab hamster menjadi galak dan suka menggigit karena penempatan kandang kecil dgn banyak hamster, berakibat siapa kuat dia akan bertahan dalam memperebutkan makanan
hingga sering mengakibatkan perkelahian dan ketika kt akan memegangnya di anggap musuh oleh hamster

6. salah asuh

hamster adalah binatang jinak dan penurut apalagi bila kita memeliharanya sedari kecil, tentunya dia akan mengenali kita sebagai pemiliknya, jika tdk ada tangan-tangan lain yg memegangnya, mengelus atau menjahilinya, yg akan membingungkan dia mengenali pemiliknya

7. keturunan gen

pernahkan anda mempunyai hamster liar, sangat sulit menjinakannya, baru dipegang sedikit aja langsung digigitnya tangan kita !!
hal ini tdk dapat diakali, krn sdh menjadikannya sifat

8 komentar:

  1. hamster saya di beli ketika dia udah dewasa, awalnya ke 2 nya memang malu2 dan rada penurut,, memang hamster jantan itu suka gigit namun jarang,, tapi ketika saya tinggal dia 3 hari untuk sebuah urusan,,ternyata setelah saya pulang dia malah jadi liar,, terus cara supaya dia balik jadi penurut lagi gimana ya,, soalnya nge gigitnya juga sakit nya pake bangettttttt,... gak kayak waktu pertama beli,.. jadi apa yang harus saya lakukan,.. mohon tanggapan nya,. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu pasti karena saat di tinggal ada yg membuat hamster itu takut dan menjadi stress kaka....
      ia saran dari kami cuma sering di mainin aja terus, kalau takut di gigit pakai sarung tangan bisa :)

      Hapus
  2. kenapa pasangan sedari kecil tiba2 berkelahi?

    saya memiliki sepasang hamster golden .. saya membelinya ketika mereka sudah berumur skitar 2-3 bulanan .. ketika saya beli di bilang bahwa sang perempuan sudah hamil .. tapi setelah lama d tunggu2 tapi tidak melahirkan juga .. dan sampai saat ini setelah umurnya berkisar 5 bulanan .. tiba2 d suatu pagi mereka bertengkar hebat .. sampai hamster betina digigit sampai berdarah2 di seluruh tubuhnya.
    dan setelah itu saya pisah .. keesokan harinya saya coba satukan kembali tetapi sang jantan tetap ganas .. ketika saya coba satukan dengan hamster yg lainpun dia tetap ganas .. padahal hamster yg betina lain itu sudah memberikan respon positif dan tidak menyerang.

    yang ingin saya tanyakan.
    1. kira2 hal apa yg memungkinkan hamster jantan tiba2 berperilaku seperti itu?
    2. apakah sang hamster betina akan menjadi traumatik dan tidak mungkin di satukan kembali dengan sang jantan?

    ok terima kasih tolong jawabannya yach ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hamster golden itu hamster apa ya kaka, hibrid golden black eye atau golden red eye?
      kalau memang itu salah satu dari yang saya sebutkan maka sudah tidak heran lagi, mereka tuh memang seperti itu, antara cacat mental atau ada yang membuat takut si hamster jantan :)

      Hapus
  3. Hamster sya tiba" suka gigit padahal gak saya apa"in , tangan juga ga wangi makanan, tp dia gigitnya kenceng banget , apa dia lg hamil? Dia satu kandang sama yg jantan. Dua"nya jenis whiter white

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin memang hamil sis, atau ada yang bikin dia stres...
      hal itu maklum pada winter white :)

      Hapus
  4. mas yang terhormat
    saya udah hampir 1 tahun melihara hamster, sebelumnya kejadian kaya gini ga pernah saya alamin. induk betina awal yang saya beli udah melahirkan, bahkan anak-anaknya udah berhasil punya anak lagi. kali ini dia ngelahirin lagi dari 6 anaknya sisa 5, saya udah biasa ngeliat dia makan anaknya waktu belum tumbuh bulu, jadi saya gak terlalu sedih karena saya ngerasa mungkin saya yang salah waktu ngerawat awalnya

    tapi hari ini tragedi banget mas, anak yang tadinya ada 5 dan udah berbulu cantik warnanya abu-abu tapi menuju coklat, dan motifnya kaya panda alias gak satu warna tapi belang totol totol tiba tiba tinggal 4 kondisi yang 2 lain mengenaskan, yang satu kepalanya sisa setengah, yang satu bagian hidungnya berdarah.. dan ada sisa remukan kepala mungkin yang sebelumnya. anak-anaknya udah mulai bisa makan sendiri mas mereka jadi kaya kanibal.
    saya tinggal mereka sebentar setelah saya bersihin dari bangkai sebelumnya, tapi pas saya balik ke kamar saya anaknya lagi digigit dan kondisinya udah nafasnya sedikit. saya ga bisa apa apa saya pisah induknya dari anak-anaknya

    yang saya mau tanya apa alesan hamster itu makan anaknya yang udah tumbuh bulu kaya gitu, udah usia 3 mingguan lebih, saya naruh kandangnya di kardus yang saya ga bakalan bisa ngintip pas laginyusuin tapi tragedinya malah lebih parah dari biasai!

    bisa kasih tau kenapa? saya berduka banget soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. induk bisa makan anakan karena mereka mereka merasa terancam, mungkin pas pertama itu di makan karena cacat, tapi yang kedua mungkin karena sista membersihkan bangkai yang lama dan meninggalkan bau manusia di kandangnya, akhirnya si induk jadi merasa terancam dan memakan anaknya sendiri.
      yang perlu di perhatikan itu adalah karakter hamster kita, apakah mudah terancam atau bersahabat, dalam satu kondisi saat si hamster belum terlalu kenal pemiliknya mereka akan selalu siaga dengan pemiliknya, tapi kalau udah kenal pemiliknya mereka akan sering menjilat2...
      bahkan saat ada anakan pun walaupun masih 1 hari di pegang, mereka gak bakal makan itu anak...
      semoga membantu :)

      Hapus